Melihat Yesus dari Tanah Ganjuran - Refleksi DAAI TV

Akulturasi maupun inkulturasi budaya pada bangunan bukanlah hal yang baru di Indonesia, salah satunya bangunan gereja. Di beberapa daerah, kehadiran bangunan-bangunan gereja bernuansa akulturasi menjadi daya tarik, tidak hanya bagi jemaatnya, tapi juga bagi pengunjung umum lainnya. Keindahan ornamen atau desain-desain khas nuĀ¬santara di beberapa gereja dibuat sedemikian rupa tanpa menghilangkan kekhidmatan untuk beribadah.

Gereja Hati Kudus Tuhan Yesus, Ganjuran, terletak di 17 km di bagian selatan Kota Yogyakarta juga merupakan bangunan berdesain akulturasi dan inkulturasi. Gereja ini memiliki kekhasan arsitektural, khususnya pada ornamen-ornamen khas Jawa. Walau demikian, aspek budaya Jawa yang digunakan lebih cenderung hanya sebagai dekoratif saja, sehingga tidak mengubah nilai ajaran Katolik itu sendiri. Ornamen-ornamen hias yang digunakan merupakan ornamen yang berkembang di pulau Jawa dan sebenarnya sudah bercampur dengan budaya lainnya yang telah ada sebelumnya, seperti budaya Islam dan Hindu-Buddha.

Seperti apa bentuk inkulturasi dan akulturasi yang terdapat dalam Gereja Hati Kudus Tuhan Yesus Ganjuran? - Refleksi DAAI TV

Komentar