Pelatihan EcoEnzym

 

Tim Kerja Keadilan Perdamaian dan Keutuhan Ciptaan (KPKC) yang tergabung dalam Panitia Hari Pangan Sedunia Gereja Hati Kudus Tuhan Yesus  (HKTY) Ganjuran mengadakan pelatihan pembuatan Eco-Enzym  pada hari Sabtu, 8 Oktober 2022 di Gedung Gregorius Lantai 2. Kegiatan ini diikuti oleh 34 peserta dari 12 wilayah gereja HKTY, dengan narasumber ibu Hj. Tsalis Siswanti (Ketua Pengelolaan Sampah dan Direktur Bank Sampah Miliar Wijirejo, Pandak, Bantul). 


Formula Eco-Enzym (EE) ditemukan oleh Dr. Rosukon Poompanvong penggiat pertanian organic  di  Thailand pada tahun 2003. Eco-Enzym  ini adalah hasil dari fermentasi limbah dapur organik seperti ampas buah dan sayuran yang masih segar (tidak busuk), gula (gula coklat, gula merah atau gula tebu), dan juga air. 

Tujuan pelatihan ini adalah mengenalkan dan mengajari umat tentang pengolahan sampah rumah tangga yang biasanya hanya dibuang untuk mengurangi pencemaran lingkungan. Eco-Enzym  yang dihasilkan dari pengolahan sampah ini, dapat dimanfaatkan untuk pupuk alami, pembersih rumah, pestisida dan disinfektan.


Komentar